Bagikan artikel ini:

Kemajuan teknologi yang berkembang saat ini tidak lepas dari penemuan-penemuan orang hebat terdahulu. Mereka berjasa menanamkan dasar ilmu pengetahuan di muka bumi. Berikut 10 penemu atau ilmuwan terpopuler versi Koran Sindo:

1. ALEXANDER GRAHAM BELL -> 24%

Siapa yang tak kenal dengan Alexander Graham Bell. Namanya tercatat sebagai penemu alat komunikasi, telepon. Pada 1874, Bell bersama sang asisten, Thomas Watson, merakit embrio telepon yang disebut dengan telegrap. Dua tahun kemudian, penemuannya tersebut dinyatakan sukses. Namun, pada Juni 2002, pemerintah Amerika Serikat menginformasikan bahwa penemu telepon ternyata bukan Bell, melainkan Antonio Meuci.

2. THOMAS ALVA EDISON -> 17,5%

Thomas Alva Edison adalah pria kelahiran Ohio, Amerika Serikat. Dia terkenal karena sukses menciptakan lampu pijar. Edison juga termasuk ilmuwan yang produktif. Dia berhasil menciptakan proyektor sederhana untuk memutar film-film pendek. Selain itu, Edison juga ikut membantu pemerintah, khususnya dalam bidang militer. Dia aktif melakukan berbagai riset untuk kepentingan pemerintah, di antaranya pendeteksi pesawat terbang dan kapal selam musuh.

3. ALBERT EINSTEIN -> 16,5%

Einstein, si jenius ini lahir pada 14 Maret 1879 di Ulm, Jerman. Sebagai ilmuwan besar di abad ke-20, dia menemukan banyak temuan. Satu di antaranya yang paling tersohor adalah teori relativitas. Teori ini menjelaskan jika suatu benda yang bermassa M diberi kecepatan cahaya pangkat dua maka akan dapat menghasilkan energi yang begitu besar. Penemuan yang satu ini membuat namanya terkenal dan dia diganjar beberapa penghargaan nobel.

4. GALLILEO GALLILEI -> 12%

Gallileo Gallilei, lahir di Pisa, Italia, pada 15 Februari 1564. Dia adalah seorang astronom dan fisikawan. Gallileo dikatakan sebagai seorang astronom karena sumbangsihnya di bidang astronomi, yaitu penyempurnaan teleskop.

Awalnya, alat yang berfungsi sebagai pelihat benda-benda angkasa ini dibuat oleh ilmuwan asal Belanda. Lalu, dia menyempurnakanya dari 3 kali pembesaran menjadi 32 kali pembesaran. Berkat upaya itulah, dia menjadi orang pertama yang melihat bintik matahari.

5. ISAAC NEWTON -> 11,8%

Jika kita melempar sebuah apel ke atas langit, pastilah apel itu akan kembali jatuh ke bumi. Kira-kira itu dasar teori gaya gravitasi yang ditemukan Isaac Newton. Berawal dari rasa keingintahuannya mengapa apel di pekarangan rumahnya bisa jatuh dari pohon, dia melanjutkannya dengan sebuah penelitian.

Newton berpikir bahwa ada sebuah gaya yang membuatnya jatuh kembali ke bumi. Alhasil, pada 1687 dia menggunakan kata gravitas atau gravitasi yang artinya adalah berat sebagai penamaan dari gaya tersebut.

6. JAMES WATT -> 7,8%

James Watt adalah seorang ilmuwan asal Inggris yang menyempurnakan mesin uap. Awalnya dia melihat mesin uap bekerja sangat tidak praktis dan inefisien. Lalu, dia melakukan beberapa percobaan dan penelitian. Hasilnya, Watt mampu membuat mesin uap yang efisien dan praktis. Hal itu membuat kerja petani menjadi lebih cepat. Watt bisa dikatakan sebagai salah satu pengubah dunia. Tanpa dia sadari temuannya tersebut telah mendorong revolusi industri.

7. JULIUS ROBERT OPPENHEIMER -> 5%

JR Oppenheimer adalah seorang ilmuwan fisika asal Amerika Serikat. Dia terkenal dengan ciptaannya bom atom yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki, Jepang. pada saat perang dunia II. Oppenheimer sempat menyesali pekerjaannya dan menyerukan agar energi atom digunakan untuk kepentingan positif. Dia mengubah haluan hidupnya dengan melanjutkan karier sebagai pengajar di Princeton University.

8. WRIGHT BERSAUDARA -> 5%

Orville Wright dan Wilbur Wright merupakan kakak beradik paling bersejarah di dunia. Mereka adalah orang pertama yang membuat cikal bakal pesawat terbang. Berawal dari sebuah usaha perbaikan sepeda motor di Ohio, Amerika Serikat, saat itu mereka mempelajari banyak hal tentang mesin, khususnya mesin pesawat terbang. Alhasil, keduanya berhasil menciptakan tiga jenis pesawat terbang dan berhasil menerbangkannya setelah melakukan 1.000 kali percobaan.

9. LOUIS PASTEUR -> 3%

Seorang berkebangsaan Prancis bernama Louis Pasteur tercatat sebagai orang yang cukup penting dalam ilmu kedokteran. Sebab, Pasteur merupakan ilmuwan yang sukses menemukan cara untuk mencegah pembusukan pada makanan. Penemuannya ini sering disebut dengan pasteurisasi. Selain itu, dia juga memberikan sumbangsih pada ilmu kedokteran dengan membuat obat pencegah penyakit antraks atau vaksin antraks dan suntikan obat untuk melawan penyakit anjing gila atau rabies.

10. NIKOLAUS OTTO -> 3%

Nikolaus Otto adalah ilmuan yang bergerak dalam bidang automotif. Pria yang lahir di Holzhausen an der Haide, Jerman, pada 14 Juni 1832 silam itu termasuk orang paling berjasa untuk kemajuan teknologi di era modern. Dia berhasil menciptakan mesin yang dapat menggerakkan keseluruhan ban pada kendaraan, atau biasa disebut dengan mesin empat tak. Otto juga membuat sebuah mesin yang hemat bahan bakar yang digunakan pada mobil-mobil modern seperti saat ini.

Sumber: sindonews.com