Bagikan artikel ini:

Libur anak sekolah adalah waktu yang dinanti-nantikan, berikut adalah tips liburan sekolah hemat untuk tahun.
Setiap liburan anak sekolah waktu terbaik untuk kita habiskan bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga tetapi tentu harus kita sesuaikan agar tidak mengganggu kondisi finansial kita dan liburan terbaik tidak harus selalu mahal tetapi kita bisa melakukan liburan sekolah hemat tanpa mengurangi tingkat kesenangan dan kebersamaan seluruh keluarga.

Liburan baik untuk masa pertumbuhan karena setelah bersekolah selama setahun penuh yang dipenuhi dengan ujian dan juga tugas-tugas sekolah, tingkat stress anak-anak akan meningkat dan liburan akan membantu menghilangkan rasa stress tersebut. Sebenarnya perlakukan ini pun sama dengan orang dewasa yang terbiasa dengan bekerja sepanjang tahun pun akan memiliki tingkat stess yang tinggi. Jadi liburan sekolah anak bisa digunakan bersama untuk menurunkan tingkat stress tersebut dan membuat kenangan indah bersama anak yang akan diingatnya hingga mereka dewasa.

Tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk jalan-jalan ke luar negeri, kita bisa juga melakukan liburan sekolah hemat tetapi berkualitas.

Berkebun bersama anak-anak
Ajak anak untuk berkebun di halaman karena selain murah dan juga menyenangkan, hal ini bisa sekaligus mengajarkan anak kita untuk lebih mencintai dan menghargai lingkungan. Cara yang termudah adalah dengan memberikan sebuah tanaman kepada anak kita untuk dirawat seperti halnya hewan peliharaan hanya saja ini adalah tanaman peliharaan yang harus diurus hingga tumbuh besar dan subur.

Wisata kuliner lokal
Siapa yang tidak suka makan enak? Pasti semua orang menyukai makan enak dan sering kali kita tidak menyadari bahwa Indonesia sangat kaya akan makanan bercita rasa tinggi dan juga memiliki ribuan makanan khas dari masing-masing daerah. Ide liburan sekolah hemat yang kedua adalah mengajak anak kita untuk wisata kuliner makanan lokal daerah tempat kita tinggal. Selain untuk memperkenalnya kepada kebudayaan asli, kita juga bisa mengajarkan asal muasal makanan tersebut, cara memasak/membuatnya, dan bahan-bahan dasar untuk membuatnya.

Mengunjungi museum dan situs bersejarah
Tips liburan sekolah hemat yang terakhir adalah mengajak anak ke museum dan juga situs bersejarah yang belum pernah dia kunjungi dan berjarak tidak perlu jauh dari rumah. Terkadang kita sering lupa bahwa kebudayaan, sejarah, dan kerajian adalah hal yang perlu kita lestarikan dan kita wariskan ke anak cucu. Pastikan bahwa mereka mengenal dan tidak melupaan kebudayaan Indonesia, kebudayaan asli kita semua

Sumber: educenter.id