Bagikan artikel ini:

Berikut adalah daftar 4 Universitas Terbaik dan Terpopuler di Bandung

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Siapa yang tak kenal dengan ITB? universitas yang selalu bertengger di urutan 3 besar universitas terbaik di Indonesia dan 500 besar dunia ini, juga termasuk universitas paling bergengsi dalam mencetak lulusan berkualitas.

ITB merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Secara resmi didirikan 2 maret tahun 1959, menjadi salah satu pilihan paling difavoritkan bagi calon mahasiswa S1 ataupun S2 Bandung dan seluruh Indonesia dalam menimba ilmu sesuai minat masing-masing.

Institut Teknologi Bandung berada di daerah pegunungan tepatnya pada ketinggian 770 meter dengan luas 770.000 meter persegi ini termasuk universitas hijau, sangat sejuk dan kondusif bagi penghuninya. Maka tak heran asupan udara menjadi salah satu faktor cara belajar yang baik bagi pelajar. Meskipun memang mahasiswa yang masuk ITB bisa dibilang rata-rata lebih cerdas dari mahasiswa lainnya di universitas berbeda (rata-rata berarti tidak semuanya lebih cerdas).

Fakultas di ITB hampir semuanya difavoritkan. Mulai dari semua fakultas Teknik hingga kesenian. Bagi calon mahasiswa nya bisa dibilang menjanjikan baik dalam kegiatan pembelajaran karena staff akademik yang berkualitas tinggi, maupun setelah kelulusan, dimana banyak perusahaan kenamaan memprioritaskan lulusan ITB menjadi salah satu karyawannya. Akan tetapi pada kenyataannya yang paling unggul (skill terbaik, kemampuan sosial) yang mendapatkan masa depan lebih baik.

Dalam hal karya ilmiah, bisa dibilang ITB yang terbaik dari universitas lainnya di Bandung, terbukti dengan masuknya ITB dalam ranking 461 di dunia dan 125 di Asia berdasarkan QS Word University. Penilaian tersebut bukan main-main karena semua aspek mulai dari kualitas pembelajaran, kualitas pelajar domestik dan internasional, kulitas karya ilmiah, fakultas serta dosen sekalipun.

Informasi selengkapnya tentang ITB dapat dilihat pada website: itb.ac.id

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas yang disebut-sebut sebagai salah satu universitas terbaik dalam mencetak calon pendidik ini, rupa-rupanya sedang naik peringkat. Universitas yang dahulunya bernama IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) ini sejak awal tahun 2000 mulai banyak melakukan pembangunan gedung baru dan perbaikan dari segi sistem pembelajaran.

Perkembangan Universitas Pendidikan Indonesia yang terletak di kawasan dataran tinggi dan sejuk Bandung Utara ini seiring dengan makin dihargai profesi guru dan pendidik sebagai salah satu tenaga ahli penting yang harus tetap ada.

Sehingga banyak mahasiswa maupun orangtua calon mahasiswa berbondong-bondong memasukan anaknya ke berbagai universitas negeri yang mampu mencetak calon pendidik terbaik salah satunya UPI di Bandung dan UNJ.

Namun jangan salah kualita pendidikan dan mahasiswa UPI telah banyak berkembang dan masuk jajaran 10 besar universitas terbaik di Indonesia mengalahkan kepopuleran UNPAD. Meski memang masing-masing memiliki kualitas yang berbeda sisi sesuai dengan ranah fakultas yang dimiliki.

UPI memiliki fakultas andalan yang diakui secara provinsi maupun nasional diantaranya jurusan untuk bahasa dan sastra inggris UPI menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Bahkan tes Toefl UPI menjadi salah satu tes tersulit di seluruh universitas di Bandung dan diakui di dunia Internasional.

Faklultas lainnya seperti FPMIPA, pun masih mampu menjadi solusi bagi calon mahasiswa yang senang belajar ilmu eksak. Bahkan bisa dibilang MIPA UPI bisa jadi pilihan kedua bila mungkin pilihan ITB tidak masuk.

Bahkan Fakultas Pendidikan Olahraga menjadi tempat prestasi guru olahraga dan mahasiswa olahraga berunjuk gigi di kancah nasional. Fasilitas paling terbaru adalah Kolam Renang serta Stadion keren dan sering dipakai latihan sepak bola PERSIB serta lomba renang nasional.

Informasi selengkapnya mengenai Universitas Pendidikan Indonesia periksa di website resminya: upi.edu

3. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Universitas Padjajaran Bandung yang disingkat UNPAD bisa dibilang universitas bergengsi di Bandung. Universitas ini dari dahulu kala menjadi favorit bagi calon mahasiswa untuk tempatnya mengembang ilmu.

Fakultas Kedokteran dan Hubungan Internasional, FIKOM serta Psikologi menjadi salah satu fakultas paling populer dan terbaik di antara universitas lainnya di Bandung. Namun seiring perkembangan jaman tampaknya UNPAD pamornya sedikit menurun dan tersusul UPI. Berdasarkan webometrics UNPAD diurutan 10 dan UPI diurutan 9 serta berdasarkan 4icu UPI diurutan ke-7 dan UNPAD diurutan ke-12 sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Dirutan 12 bukan kurang berkualitas, UNPAD masih masuk dalam daftar 10 besar universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics. Bahkan bisa dibilang di Bandung UNPAD lah yang mencetak calon dokter dan psikolog ternama di bandung dan Indonesia selain UI.

UNPAD sendiri memiliki dua tempat, kampus utama berada di Jatinangor serta kampus kedua berada di Dipatiukur Bandung. Kondisi kampunya sangat kondusif seperti halnya kampu ITB dan UPI yang sejuk.

4. Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Universitas swasta ini terbilang baru, namun kendati demikian nyatanya UNIKOM yang populer sebagai universitas Komputer dan Teknik ini mampu unjuk gigi di kancah nasional maupun internasional.

Mahasiswa tim Robotika UNIKOM mampu mengangkat kepopuleran kampusnya sebagai kampus berkualitas dan patut dijadikan salah satu kampus terbaik di Bandung dengan menyabet juara kontes robot tingkat internasional di Amerika tahun 2013.

Fasilitas yang ada di UNIKOM cukup lengkap dari segi materi. Hampir semua hal ataupun kegiatan yang ada selalu disampaikan melalui jalur online. Mahasiswa juga bisa mengecek daftar nilai ujiannya melalui sebuah situs khusus. Selain itu tersedia juga laboratorium sesuai dengan bidang studi masing-masing, dan sesuai dengan namanya sebagai PTS komputer pertama di Indonesia, maka mata kuliah software dan hardware dijadikan sebagai mata kuliah wajib selama para mahasiswa menuntut ilmu di UNIKOM.

Informasi selengkapnya mengenai UNIKOM dapat diperiksa di website resminya: unikom.ac.id