Bagikan artikel ini:
  1. Cari tempat les atau bimbingan belajar, yang lulusannya berhasil masuk ke beberapa PTN favorit, seperti yang dijanjikan pada saat pendaftaran. Caranya mudah saja, Anda dapat melihat ke website lembaga bimbingan belajar tersebut, dan mengecek berapa persen total jumlah siswanya, yang lulus ke universitas negeri tersebut.
  2. Belajar dengan kakak kelas, atau lulusan SMA Anda yang telah masuk dan menuntut ilmu di universitas favorit incaran tersebut. Mereka pasti senang berbagi ilmu dengan adik-adik kelasnya, apalagi yang rajin seperti Anda.
  3. Pelajari dengan teliti nilai-nilai dari semua mata pelajaran yang diujikan, pada saat ujian masuk ke universitas belum dilaksanakan. Anda perlu melakukan riset mendalam. Terutama jika fakultas, atau program studi di universitas tersebut banyak peminatnya. Anda tentu harus mempersiapkan taktik yang cerdik, agar berhasil ya.
  4. Jika minat Anda tidak fokus pada satu bidang, mengapa tidak mencoba belajar di fakultas dengan jumlah peminat yang lebih sedikit. Contohnya program studi sejarah di Fakultas Ilmu Budaya, seperti di Universitas Padjajaran. Anda bisa dengan mudah menembus PTN favorit tersebut, meski jurusan atau program studinya kurang terkenal.
  5. Banyak yang bilang kalau tips sukses masuk ujian masuk PTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) itu, sebenarnya faktor keberuntungan juga. Namun, Anda jangan mudah percaya begitu saja. Anda tetap harus optimis dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya, agar berhasil lulus SBMPTN. Dan satu lagi, jangan lupa berdoa kepada Tuhan YME.