Bagikan artikel ini:

Menulis adalah sebuah keahlian yang belum tentu dimiliki oleh semua orang. Namun, hal ini bukan berarti bahwa hanya orang-orang berbakat saja yang bisa menulis, berikut kita akan bahas cara meningkatkan keahlian menulis anak. Semua orang bisa menulis asal mau dan rajin berlatih. Semakin sering berlatih, hasil tulisan pun akan semakin bagus dan enak dibaca. Menulis akan menolong kita menuangkan isi pikiran dengan runtut dan tertata. Imajinasi juga akan semakin terasah bila kita sering menulis kisah fiksi.

Kemampuan menulis bisa diajarkan sejak dini kepada anak. Apalagi anak-anak memiliki daya tangkap dan imajinasi yang luas. Dua hal ini adalah modal utama yang bisa menjadikan seorang anak sebagai penulis yang andal. Berikut beberapa cara meningkatkan keahlian menulis anak yang bisa dilakukan:

Cara Meningkatkan Keahlian Menulis Terbaik Adalah Ajak Bercerita
Hal pertama yang harus dimiliki seorang calon penulis, terutama penulis fiksi, adalah imajinasi. Anak-anak memiliki imajinasi yang tak terbatas. Tugas orang tua adalah mengarahkan imajinasi tersebut sehingga membentuk sebuah alur cerita. Ajaklah anak bercerita mengenai hal-hal yang disukai anak. Misalnya, anak senang melihat bintang di langit. Tanyakan kepada anak hal apa saja yang ia pikirkan saat menatap bintang di langit. Dengan demikian, anak berani mengungkapkan imajinasinya. Tentu saja, orang tua harus siap mendengarkan apa pun cerita anak.

Membeli Buku Bacaan
Penulis yang baik adalah pembaca yang aktif. Tanpa membaca, seorang penulis tidak akan memiliki ide-ide segar. Dengan membaca, seseorang pun bisa mempelajari gaya menulis orang lain. Agar anak semakin pintar menulis, belikanlah buku-buku bacaan yang beragam untuknya dan jika memungkinkan buku-buku dalam bahasa Inggris sehingga anak bisa sekaligus belajar bahasa Inggris. Ajak anak untuk rajin membaca dan mempelajari cara menulis yang baik dari buku-buku tersebut. Setelah selesai membaca sebuah buku, tanyakanlah pendapat anak. Biarkan ia menilai isi buku tersebut. Pendapat yang kritis tersebut akan menolongnya semakin memahami teknik menulis yang baik.

Menghargai Hasil Karyanya
Setiap orang pasti ingin dihargai, termasuk anak-anak. Jika anak sudah berani menulis, dukunglah ia dengan cara bersedia membaca hasil karyanya tersebut. Mungkin tulisan anak sangat sederhana atau kurang bagus, tetapi orang tua harus tetap menghargainya. Berikan pujian atas usahanya. Selanjutnya, sampaikan masukan supaya tulisan selanjutnya semakin baik. Jangan tuntut anak memahami hal-hal yang bersifat rumit, tetapi mulailah dari prinsip menulis yang sederhana seperti penggunaan huruf kapital dalam kalimat.

Ikut Kompetisi
Saat ini, ada banyak sekali kompetisi menulis yang digelar, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Untuk meningkatkan keahlian menulis anak, ajaklah ia untuk mengikuti lomba-lomba menulis tersebut. Dengan aktivitas ini, anak akan belajar untuk berani menunjukkan karyanya serta pantang menyerah. Jika anak tidak berhasil meraih juara, tugas Anda adalah menghiburnya supaya tidak cepat kecewa dan mau mencoba lagi. Sebaliknya, jika anak berhasil menang, rasa percaya dirinya akan semakin matang dan ia akan semakin bersemangat untuk menulis.

Berikan Fasilitas
Dukungan lain yang bisa dilakukan orang tua sebagai cara meningkatkan keahlian anak adalah menyediakan fasilitas yang dibutuhkannya. Jika ia belum bisa menggunakan laptop, sediakan buku dan alat tulis yang memadai. Namun, bila anak sudah bisa menggunakan laptop atau sedang belajar menggunakannya, dampingilah ia. Berikan jawaban yang memuaskan apabila anak ingin menanyakan sesuatu tentang teknik menulis menggunakan alat tersebut.

Menulis adalah kegiatan positif yang perlu diperkenalkan kepada anak. Hobi menulis tidak membutuhkan modal yang besar. Justru dengan pandai menulis, anak memiliki modal yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat ia dewasa nanti. Namun, jika anak tidak menunjukkan ketertarikan terhadap aktivitas ini, orang tua tidak boleh memaksa dan menuntut. Bagaimanapun, anak memiliki minat yang berbeda-beda dan orang tua hanya perlu mendukung mereka.

Sumber: educenter.id