Bagikan artikel ini:

China tak hanya merapikan automotifnya saja dalam upaya mengatasi polusi udara, China membangun menara pembersih udara terbesar di dunia yang tingginya hampir 100 meter.

Mengutip South China Morning Post, menara tersebut dikatakan dapat meningkatkan kualitas udara dalam area seluas 10 kilometer persegi.

Laporan dari Institut Lingkungan Bumi di Akademi Ilmu Pengetahuan China mengklaim bahwa sistem pemurnian udara dapat mengurangi 15 persen partikel halus dalam asap yang memiliki efek buruk pada kesehatan.

Laporan lain dari Xi’an Evening Post mengatakan bahwa menara tersebut telah selesai pada bulan Mei 2016 dan sekarang menjalani tes untuk melihat apakah benar-benar meningkatkan kualitas udara di daerah sekitarnya.

Menara dan area mesinnya menempati area seluas 2.580 meter persegi di Xi’an, ibu kota provinsi Shaanxi di barat laut negara tersebut.

Selain itu, menara ini juga merupakan sistem pemurnian udara skala besar yang dibantu oleh energi matahari.

Di lokasi menara, ada beberapa rumah hijau yang bekerja untuk menarik udara tercemar ke menara dan membersihkannya sebelum melepaskannya kembali ke lingkungan.

Menara ini mampu mengisolasi partikel halus termasuk nitrogen oxides, nitrogen dioxide dan sulfur dioxide.

Menurut Cao Junji, kepala peneliti program, menara tersebut bisa membersihkan udara lebih dari 10 juta meter kubik setiap hari.

Sumber: sindonews.com