Bagikan artikel ini:

Tim peneliti ETH Zurich telah menemukan jenis material baru dari bahan kaca bernama vandate borate yang diklaim oleh para peneliti bisa memperpanjang daya tahan baterai. Mereka membuat material ini dengan mencampurkan vanadium pentoksida yang telah dibubukkan dengan senyawa borate.

Seperti dilansir dari Gizmag, Selasa (20/1/2015), sebuah kaca yang disebut vanadate borate yang mempunyai struktur berkapasitas tinggi dan stabil. Dr Semih Afyon salah satu anggota tim peneliti mengatakan kalau kaca jenis ini digunakan pada sebuah samrtphone,bisa meningkatkan daya tahan baterai hingga mencapai 1,5 atau bahkan 2 kali lipat.

Bila digunakan pada sebuah mobil listrik, Afyon menambahkan jarak tempuhnya bakal menjadi 1,5 kali lebih jauh. Cukup hemat dan menguntungkan bila penelitian ini diproduksi masal.

Sayangnya penelitian ini belum sepenuhnya diterapkan, hanya berupa hitungan matematika. Belum ada produk secara fisik yang benar-benar telah diciptakan oleh para peneliti. Tim peneliti telah mendaftarkan hak paten untuk kaca tersebut sehingga proses penelitian bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Sumber: sindonews.com