Bagikan artikel ini:

Untuk kesekiankalinya Jepang mengirim roket ke antariksa, kali ini Badan Eksplorasi Ruang Angkasa (JAXA) sukses mencetak rekor baru karena telah berhasil meluncurkan roket terkecil di dunia.

Roket yang diberi nama TRICOM-1R, hanya berukuran 13,6 inci.

Kesuksesan itu terjadi lebih dari setahun setelah eksperimen awal JAXA dengan roket SS-520 berakhir dengan kegagalan. Para kru memutuskan untuk tidak menyalakan tahap kedua saat kendaraan tersebut kehilangan semua data telemetri hanya 20 detik setelah lepas landas.

Investigasi kemudian menemukan bahwa penyebabnya adalah koneksi listrik yang tidak terlindungi dengan baik, dan agensi tersebut memutuskan untuk mencoba lagi tahun ini dengan perbaikan.
Sebelumnya, perusahaan konstruksi Jepang, Obayashi sukses memperlihatkan rancangan lift (Elevator) yang akan mengangkut orang menuju luar angkasa tanpa naik roket.

Jepang akan menggunakan langkah revolusioner untuk mengantikan peluncuran roket sebagai armada menuju antariksa. Lift ini akan mengandalkan penyeimbang 13.000 ton untuk menstabilkannya. Jika berhasil, maka bisa membawa hingga 100 ton orang dan kargo ke dalam ruang yang dalam.

Ini juga dapat mengurangi masalah energi di Bumi dengan memberikan sejumlah besar tenaga surya murah atau menyimpan limbah nuklir. Obayashi akan memulai pembangunan pada tahun 2025 dan proyek tersebut akan memakan waktu 20 tahun untuk menyelesaikannya.

“Tingkat teknologi saat ini belum cukup untuk mewujudkan konsep tersebut, namun rencana kami realistis, dan ini adalah batu loncatan menuju pembangunan lift ruang angkasa.” tulis Obayasig seperti dilansir DailyStar,

Sumber: sindonews.com