Bagikan artikel ini:

Kunci 10: Ketika menyimak conversation, Anda harus mengetahui apa tema/topik yang dibicarakan.

Pertanyaan mengenai ini seringkali ditanyakan. pada listening Part B. Dalam hal ini kunci kedelapan sangat penting untuk membantu memaharni topik pembicaraan. Anda bisa melatih diri dengan membiasakan membaca cepat pilihan-pilihan jawaban dan selanjutnya berfikir cermat tentang perkiraan terna yang dibicarakan.

Waspadalah terhadap percakapan yang diucapkan oleh pembicara pertama, karena biasanya disinilah terdapat ide utama, topik pcmbicaraan, atau subjek yang dibicarakan. seperti contoh kita di atas, dengan lebih terfokus pada pembicara pertama, kita mengetahui bahwa:

John berusaha menawarkan bukunya kepada Tiffany, ke toko buku, dan ke taman-teman lainnya. Ini berarti tema yang dibicarakan mengenai cara-cara untuk bisa menjual buku John. Jadi soal 31 jawabnya adalah (D)

John berkeinginan menjual bukunya (soal no. 32) karena ia baru saja menyelesaikan pelajaran sejarahnya siang hari ini (“I just took my final in History 101 this afternoon”). Jadi jawaban yang benar adalah (C).

John tidak menjual bukunya ke toko buku (soal no. 33) karena bukunya hanya dihargai duapuluh dolar, sedangkan ia mengingkan minimal empatpuluh dolar. Jadi jawabannya adalah (B).

Kunci I I: Waspadalah terhadap masing-masing pertanyaan.

Berbeda dari Part A, dalam listening Part B Anda akan mendengar serangkaian dialog yang panjang dan kemudian harus menjawab empat pertanyaan sekaligus tanpa ada pengulangan conversation.

Untuk itu Anda harus waspada dan fokus untuk mendengar pertanyaan yang dibacakan narator. Anda hanya memiliki waktu yang sangat singkat untuk memilih jawaban yang tepat sebelum narator membacakan soal-soal berikutnya.

Jadi sekali Anda tidak jelas atas pertanyaan narator pada Part B, Anda akan kehilangan satu kesempatan untuk menjawab dengan benar.

Kunci 12: Cermati kondisi dan situasi yang terjadi selama percakapan berlangsung, yakni menyangkut tempat dan waktu pemicaraan, apa dan siapa yang dibicarakan.

Anda harus bisa membuat simpulan-simpulan mengenai situasi pembicaraan karena dalam Part B seringkali diminta untuk membuat inferensi atau simpulan mengenai percakapan.

Untuk bisa mendapatkan kesimpulan dari sebuah percakapan Anda harus bisa menangkap data atau informasi sebanyak-banyaknya dari percakapan tersebut.

Rekamlah hal-hal yang berkaitan dengan waktu, tempat, siapa yang melakukan dan apa yang sedang dibicarakan dalam memori Anda. Untuk itu, konsentrasi yang terfokus sangat menentukan dalam ujian TOEFL bagian ini.

Demikian kunci-kunci yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi Listening Comprehension Part B. Sebelum beranjak pada Part C, sekali lagi Anda diingatkan untuk tidak pernah membiarkan jawaban Anda kosong.

Apabila Anda tidak bisa menjawab, pilihlah salah satu yang paling Anda yakini. Anda tidak akan mendapatkan konsekuensi, sebaliknya Anda memiliki peluang untuk mendapatkan tambahan skor.

Contoh Soal Toefl Listening dan Pembahsannya (Part C/Talks)

Bagian ini terdiri dari tiga percakapan tunggal (monolog) yang panjang. Masing-masing monolog diikuti dengan empat pertanyaan. Jadi keseluruhan ada duabelas pertanyaan dalam ujian listening Part C. Pembicaraan dalam bagian ini biasanya juga mengambil latar belakang tentang kehidupan akademis: seperti pidato perkuliahan atau presentasi, dan topik berita yang sedang menghangat di Amerika Serikat.

Contoh: Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar:

(narrator) Question 39 through 42. Listen to a presentation on dropping classes.

(woman) I’m Ms. Morton, your advisor. I’d like to explain the policies for dropping classes at this school. It’s important to understand these policies, or your grades can suffer. The policy at this school within the first three weeks of the semester. To drop a course, you first need to get the signature of the professor of the course you want to drop on an official drop card; then you need to come to me to get the signature of your advisor. Let me give you a couple of strong warnings. First, you cannot officially drop a course after the first three weeks of the semester. If you are having problems in a course and you decide later on that you want to drop the course, it is impossible to do so. Second, if you stop attending a course without going through the official “drop” procedures, the course will remain on your schedule, and you will receive a failing grade. It is important for you to understand these procedures and follow them. If you do so, you will not have any problems. Any questions?

Pertanyaan-pertanyaan Contoh Soal Toefl Listening Part C (Talks)

39. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator) What is the Primary topic of the talk?

Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:

(A) How to get a professor’s signature.
(B) The procedure for dropping courses.
(C) When to come and see the advisor.
(D) The effect of officially dropping a course.

40. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator) When can a student officially drop a course?

Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:

(A) Any time, if the professor is willing to sign.
(B) Only on the day of talk.
(C) During the first three weeks of the semester.
(D) Up to three weeks before the end of the semester.

41. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator)How many signatures are necessary to drop a course?

Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:

(A) None.
(B) One.
(C) Two.
(D) Three.

42. Pada tape recorder/perangkat audio Anda mendengar: (narrator) What happens if a student stops attending a course without officially dropping it?

Pada lembar soal Anda memiliki pilihan:

(A) The students fails the course.
(B) The course is removed from the student’s schedule.
(C) The student needs to get the advisor’s signature.
(D) The student receives a warning.

Agar berhasil menjawab dalam Part C Anda bisa menggunakan kunci-kunci sebagai berikut:

Kunci 13: Bila Anda memiliki waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata Kuncinya.
Anda tidak harus membaca secara detail karena waktunya sangat singkat. Ingat, Anda hanya memiliki waktu selama narator membacakan direction.

Karena setelah itu Anda harus konsentrasi pada pembicaraan yang sedang Anda dengarkan. Jadi ketika membaca pilihan jawaban, Anda hanya perlu menangkap beberapa kata kunci dan kemudian usahakan untuk mendapatkan gambaran mengenai tema/topik apa yang akan diperbincangkan. Anda sebaiknya juga mampu mengantisipasi atau memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang akan dimunculkan.

Dengan cara ini pembicaraan yang akan Anda dengarkan nantinya akan menjadi lebih mudah. Hal ini karena ketika Anda bisa memperkirakan sebuah tema, memori Anda atas segala hal yang berkaitan dengan tema tersebut akan menjadi aktif. Aktifasi ini memungkinkan Anda untuk lebih familier terhadap materi pembicaraan yang akan Anda dengarkan.

Misalnya pada soal di atas Anda hanya membaca sekilas kata-kata: Professor, signature, Procedures, dropping course. Dengan demikian Anda bisa mengetahui bahwa topik yang akan Anda dengarkan adalah sesuatu yang berkaitan dengan prosedur untuk membatalkan mata kuliah. Sehingga sebelum menyimak talk Anda sudah bisa memperkirakan tentang apa pembicaraan akan dilakukan.

Kunci 14: Waspadailah pembicaraan pada kalimat-kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topik bagi kalimat-kalimat selanjutnya.

Topik merupakan pertanyaan yang sering dimunculkan pada listening Part C. la biasanya selalu terletak pada bagian pertama pembicaraan, yaitu pada kalimat pertama sampai ketiga. Dengan berbekal Kunci ke-13, Anda akan lebih mantap untuk menyimak bagian pertama Pembicaraan monolog.

Misalnya dalam concoh talk di atas. Anda sudah memegang beberapa kata kunci dan bisa memperkirakan bahwa pembicaraan akan berkaitan tentang prosedur untuk membatalkan pelajaran.

Ketika talk dimulai Anda akan jelas menangkap pada kalimat kedua bahwa pembicara ingin membahas kebijakan yang berkaitan dengan tata cara untuk membatalkan mata kuliah. Maka Anda akan berhasil menjawab pertanyaan no. 39 dengan baik, yaitu dengan memilih jawaban (B).

Kunci 15: Fokuskan pendengaran Anda pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5-wh (what, who, when, where, why) dan how.

Bagian ini sebagian besar mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan: apa, siapa, kapan, dirnana, mengapa, dan bagaimana. Untuk itu, Anda harus jeli mengamati tentang obyek yang dibicarakan, tempat pembicaraan dilangsungkan dan seterusnya.

Misalnya, dengan mencermati pertanyaan when pada monolog di atas, memori Anda akan merekam sesuatu yang berkaitan dengan waktu. Pada pertanyaan soal no. 40 Anda akan mendapatkan jawaban pada kalimat “first three weeks of the semester” yang diulang dua kali. Dengan demikian Anda akan memilih jawaban (C).

Kunci 16: Buatlah kesimpulan/inferasi atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.

Dalam ujian Part C seringkali soal yang diajukan membutuhkan kemampuan kita untuk melakukan inferasi/penyimpulan atas apa yang dibicarakan dalam talk. Inilah yang membuat sebagian peserta tes TOEFL kesulitan dalam mengerjakan soal-soal pada Part C.

Hal ini wajar, karena kita tidak mendapatkan kalimat yang persis sama antara pilihan jawaban yang tersedia dengan monolog yang didengar peserta. Karenanya sebelum ujian, Anda harus melatih kemampuan Anda untuk menyimpulkan suatu pembicaraan.

Misalnya, pada soal no. 41 di atas. Yang ditanyakan adalah berapa banyak tanda tangan yang dibutuhkan untuk membatalkan mata kuliah. Dalam monolog yang kita dengarkan tidak disebutkan secara eksplisit berapa banyak tanda tangan yang harus dipenuhi oleh seorang mahasiswa.

Tapi Anda mendengar “To drop a course, you first need to get the signature of the professor.. then you need to come to me to get the signature Ofyour advisor”.

Sehingga Anda dapat menyimpulkan bahwa mahasiswa yang akan membatalkan mata kuliah perlu dua tanda tangan: dari profesor pengampu mata kuliah dan penasihat akademik. Dengan demikian ia membutuhkan dua tanda tangan (C).

Demikian pula soal no 42 yang menanyakan konsekuensi apa yang akan diterima apabila mahasiswa tidak mengikuti perkuliahan tanpa membatalkan mata kuliah sesuai dengan prosedur? Jawaban yang terdapat pada monolog juga tidak disebutkan secara eksplisit.

la hanya menyebutkan “…the course will remain on your schedule, and you will receive a failing grade.” Sementara pada pilihan jawaban Anda tidak menemukan kalimat seperti ini. Namun bila Anda bisa membuat simpulan, maka Anda akan memilih jawaban (A) yang kurang lebih memiliki maksud yang sama, yaitu mahasiswa tersebut akan gagal dalam mata kuliah yang dimaksud.

Demikian keenambelas kunci yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi ujian TOEFL Section 1 atau Listening Comprehension. Sekali lagi, diingatkan sekalipun Anda tidak mengetahui sama sekali jawaban pada soal-soal tertentu, Anda harus tetap memilih salah satu jawaban yang tersedia. Anda tetap berpeluang untuk mendapatkan tambahan skor dengan cara seperti ini. Selanjutnya, marilah kita beranjak pada kunci-kunci ujian TOEFL Section 2 atau Structure and Written.

Cara Menjawab Soal Toefl Structure and Written Expression

Structure and Written Expression adalah bagian kedua yang diujikan dalam ujian TOEFL. Ini dimaksudkan untuk mengetahui kompetensi Anda dalam hal Tata Bahasa di dalam bahasa Inggris.

Pertanyaan yang diujikan dalam bagian ini sebanyak 40 soal yang dibagi ke dalam dua model, yaitu structure questions dan written expression questions. Durasi waktu yang disediakan hanya selama 25 menit.

Mengenali Model Structure dalam Tes Toefl

Model pertama, structure questions, terdiri dari lima belas pertanyaan, yaitu terdapat pada soal nomor I sampai 15. Bagian pertama ini digunakan untuk menguji kemampuan Anda dalam memahami struktur kalimat dalam bahasa Inggris secara benar.

Pengujian pada model menggunakan format sentence completion. Yaitu, pada lembar soal, Anda akan menjumpai bagian kalimat yang masih kosong/belum lengkap. Anda harus melengkapinya dengan salah satu dari empat pilihan jawaban (A, B, C, dan D) yang tersedia. Perhatikan contoh berikut ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas:

Young children ——— playing active games such as chasing, hide and seek, and tag.

(A) enjoy
(B) enjoys
(C) enjoying
(D) does enjoy

Anda harus memilih salah satu dari keempat pilihan jawaban yang paling tepat. Pada contoh di atas Anda harus mengidentifikasi kekurangan dari kalimat tersebut. Kalimat tersebut belurn memiliki kata kerja (verb).

Selanjutnya Anda harus mencocokkan pilihan-pilihan jawaban yang ada. Pilihan yang paling mungkin adalah (A) dan (B). Tapi pilihan (B) tidak bisa diterima karena subject “children” mengacu pada kata benda (noun) jamak. Sehingga Anda harus memilih jawaban (A).

Mengenali Model Written Expression dalam Tes Toefl

Model ini meliputi duapuluh lima pertanyaan yang terdapat mulai soal nomor 16 sampai 40. Bagian ini terutama ditujukan untuk mengetahui kemampuan dan pengetahuan Anda tentang bentuk-bentuk ekspresi yang digunakan dalarn tulisan berbahasa Inggris.

Pada bagian ini Anda diminta untuk mengidentifikasi bagian yang tidak tepat dalam sebuah kalimat. Bagian yang tidak tepat ini terdapat pada salah satu dari empat kata atau kelompok kata yang diberi tanda garis bawah.

Jadi bagian ini sedikit berbeda dari bagian pertama. Karena pada bagian pertama Anda diminta untuk memilih jawaban yang paling tepat. Sebaliknya, pada bagian terakhir ini Anda hanya perlu memilih komponen kalimat mana yang salah. Anda tidak perlu membenarkannya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:

There are (A) thousands of kinds of bacteria, most of which (B) is (C) harmless (D) to humans.

Selanjutnya Anda harus mengidentifikasi bagian mana yang salah dari keempat kata/kelompok kata yang diberi garis bawah. Dengan pengamatan yang teliti akhirnya Anda menemukan bahwa pilihan (C) merupakan komponen penyusun kalimat yang salah, karena “most of which” merujuk pada noun yang jamak. Dengan demikian verb yang tepat bukanlah “is” melainkan are’ .

Sekarang kita beranjak pada kunci-kunci yang bisa membantu Anda dalam mengerjakan ujian pada section ini. Ada beberapa kunci yang harus Anda pahami dalam mengerjakan soal-soal structure and expression.

8 Kunci Umum dan Contoh Soal Toefl Structure and Written Expression (Lengkap Pembahasannya)

Kunci I : Pahamilah bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari-H ujian.

Anda sebaiknya tidak perlu membaca direction lagi ketika berada dalam ujian yang sebenarnya. Dalam semua ujian TOEFL bentuk direction dipastikan selalu sama. Anda harus bisa membedakan antara perintah pada soal-soal structure dan perintah pada soal-soal written expression.

Sekali lagi, dengan memahami bentuk perintah soal beberapa waktu sebelum ujian dilaksanakan berarti Anda memiliki keuntungan tersendiri yaitu waktu yang lebih efisien. Anda bisa mempelajari direction seperti yang ada pada Bab 5 pada buku ini, yaitu pada latihan tes structure and written expression.

Kunci 2: Kerjakanlah soal-soal structure terlebih dahulu.

Bagian structure dimulai dari soal nomor 1 sampai 15. Ini biasanya dicirikan dengan pertanyaan-pertanyaan yang paling mudah (yaitu soal nomor I — 5), dilanjutkan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggl (yaitu soal nomor 6 — 10) dan diakhiri dengan soal yang paling sukar (yaitu soal nomor I I – 15). Anda sebaiknya tidak menghabiskan waktu terlalu lama pada soal nomor 11 — 15.

Apabila Anda mengalami kesulitan pada lima soal terakhir bagian ini, tinggalkanlah terlebih dahulu. Karena soal-soal berikutnya (bagian written expression) akan lebih mudah.

Kunci 3: Lanjutkan pada soal-soal written expression.

Bagian written expression ini dirnulai dari soal-soal yang paling mudah (nomor 16 20), dilanjutkan dengan soal-soal dengan tingkat kesulitan sedang (nomor 2 – 35), dan diakhiri dengan soal-soal yang paling Sukar (36 – 40).

Apabila anda mengalami kesulitan, sebaiknya Anda tidak menghabiskan waktu terlalu lama untuk soal nomor 36 40 ini.Karena mereka hanyalah lima soal. Anda bisa segera kembali pada soal-soal yang Anda lewatkan pada bagian structure dan twitten expression yang relatif lebih mudah.

setelah selesai menjawabnya kembali, Anda baru boleh mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesukaran yang paling tinggi.

Apabila waktu Anda akan habis, pastikan yang kosong. Anda bisa menggunakan cara untuk mengira-kira, atau kalau sama sekali waktunya tidak mencukupi Anda bisa memilihnya secara asal. Karena Anda tidak akan dikenakan konsekuensi atas hal ini sebaliknya, Anda memiliki peluang untuk memilih jawaban yang benar.

Selanjutnya kunci-kunci nomor 4, 5 dan 6 ini digunakan untuk soal bagian pertama (l – 15) atau structure.

Kunci 4: Per tama-tama perhatikan kalimat yang dipertanyakan dalam soal.

Ingat tujuan dari soal-soal bagian structure adalah untuk mengetahui atau menentukan jawaban apa yang paling tepat untuk melengkapi kekurangan dalam soal-soal yang pertanyakan. Sehingga dengan mengamati secara cermat terhadap kalimat yang pertanyakan Anda akan bisa mengetahui kekurangan yang dibutuhkan untuk melengkapinya.

Disini Anda perlu melakükan identifikasi terhadap komponen kalimat. Yaitu, mana yang merupakan subject (kata benda), predikat (kata kerja), object (kata benda), kata keterangan, kata sifat, dan seterusnya.

Anda dituntut untuk menguasai kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam sebuah kalimat. Mempelajari buku-buku grammar sangat dianjurkan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menganalisa sebuah kalimat.

Kunci 5: Perhatikan masing-masing jawaban yang tersedia, pilihjah yang paling tepat untuk melengkapi kalimat yang dipersoalkan.

Setelah mengidentifikasi kalimat yang dipertanyakan, selanjutnya memperhatikan masing-masing jawaban pada pilihan (A), (B), (C) dan (D). Dengan melihatnya secara seksama Anda akan segera mengetahui pilihan mana yang paling tepat untuk mengisi kekurangan dalam kalimat yang dipertanyakan.

Tentu saja Anda perlu untuk membekali diri dengan kemampuan grammar memadai. sekali lagi, mempelajari buku-buku grammar sangat dianjurkan. Untuk sekedar menyegarkan ingatan Anda tentang permasalahan ini.

Kunci 6: Jangan pernah mengeliminasi sebuah pilihan jawaban dengan hanya melihat pada jawaban tanpa melihat kalimat soal.

Secara umum, masing-masing pilihan jawaban adalah benar bila ia berdiri sendiri. Sebuah pilihan jawaban akan diketahui benar atau salah setelah dimasukkan ke dalam kalimat.

Sekali lagi, hal ini tergantung pada kalimatnya, yaitu apa yang dibutuhkan untuk melengkapi kalimat tersebut. Sehingga hanya dengan melihat pilihan jawaban dan kemudian memutuskan untuk memilih/menghilangkan salah satu dari keempat pilihan jawaban adalah merupakan kesalahan yang fatal.

Karena memiliki model pertanyaan yang berbeda, kunci-kunci pada soal structure tidak sama dengan kunci-kunci pada soal written expression. Berikut kunci-kunci yang bisa Anda gunakan sebagai resep untuk mengerjakan soal-soal bagian written expression:

Kunci 7: Pertama-tama perhatikan kata atau kelompok kata yang digarisbawahi dan temukan secara cepat bagian mana yang tidak tepat.

Anda bisa menggunakan Kunci 7 ini untuk mempersingkat waktu dalam mengerjakan soal-soal nomor 16-40 (written expression). Sebagian soal dalam bagian ini bisa diidentikasi dengan hanya melihat kata atau kelompok kata yang digarisbawahi. Hal ini karena yang dibutuhkan dalam soal adalah menemukan kata atau kelompok kata yang tidak tepat yang ditandai dengan garis bawah.

Contoh:

The Final (A) class presentation (B) is (C) the inportantest (D) examination.

Tanpa membaca kalimat lengkap dan dengan hanya melihat kata yang bergaris bawah class presentation”, is’ , dan Importantest”, Anda akan bisa mengidentifikasi bagian mana yang tidak tepat. Pada contoh soal di atas jawaban (D) tidak tepat, karena bentuk superlative dari “important” adalah “most impartant” bukan “importantest .

Kunci 8: Bila soal yang Anda hadapi tidak bisa diidentikasi hanya dengan melihat kata atau kelompok kata yang bergaris bawah, segeralah membaca kalimat secara lengkap.

Apabila Anda tidak bisa menemukan kata/kelompok kata mana yang tidak tepat, maka Anda harus segera melihat dan memahami kalimat secara lengkap.

Seringkali sebuah bagian pada suatu kalimat menjadi tidak tépat dikarenakan bagian yang lain dari kalimat tersebut. Sehingga bila Anda tidak merasa yakin untuk hanya menggunakan Kunci 7, Anda harus menggunakan Kunci 8 ini.

Problem yang sering diujikan dalam Soal Toefl Bagian Structure and Written Expression

Soal-soal Structure and Written Expression dalam ujian TOEFL meliputi berbagai hal yang berkaitan dengan grammar dengan lingkup yang tak terbatas. Namun secara umum terdapat kecenderungan-kecenderungan untuk mengeluarkan soal dari materi-materi tertentu. Sehingga kami sangat menyarankan untuk memperdalam pengetahuan bahasa inggris seputar materi berikut:

1. Main Verb
2. Infinitive
3. Verb+ing
4. Conditional (kalimat Pengandaian)
5. Past Custom
6. Auxiliary Verb
7. Comparison
8. Preposisi
9. Correltive Conjunction
10. Negative Emphasis

Mudahan tips dan trik singkat ini membantu anda dalam memecahkan Soal Toefl Bagian Structure and Written Expression. Terimah Kasih

 

Sumber: arwini.com